Cerna Gambar dengan Kata-kata

Supermoon, Bandung 19 Maret 2011

Supermoon adalah kondisi bulan disaat bulan purnama atau dalam kondisi bulan baru, yang kebetulan juga pada saat posisi Bulan terdekat dengan Bumi atau sekitar jarak terdekat (90% jarak terdekat) dengan bumi. Pada kondisi ini, bulan purnama akan terlihat lebih besar.Ā  Jarak Bumi dan Bulan bervariasi antara 354.000 km (220.000 mi) dan 410.000 km (254.000 mi).

Supermoon terbaru terjadi malam tadi, 19 Maret 2011. Mengetahui hal ini, Saya menyempatkan keluar dari rumah, menyiapkan kamera Canon EOS1000D, Lensa Tamron 70-300 mm, dan tripod. Cuaca tidak bersahabat malam ini. Langit ditutupi awan. Hujan deras yang turun sore harinya, tidak cukup untuk membuat langit terlihat cerah.

Kesabaran menunggu momen sangat diuji kali ini. Beberapa kali setting tripod perlu diubah. Revolusi bulan dan rotasi bumi akan selalu menggeser posisi dan komposisi bulan di kamera. Angin malam yang dingin tidak mengurangi rasa penasaran Saya.

Kamera telah diatur, Tripod telah berdiri tegak. Siap pencet tombol shutter. Beberapa foto gagal, karena over exposure, under exposure, kamera goyang, posisi bulan berubah, bulan tertutup awan dan sebagainya. Penuh perjuangan dan membutuhkan kesabaran tingkat tinggi.

Akhirnya, pada 19 maret 2011, pukul 22:47. Saya mengabadikan foto ini.šŸ™‚

Supermoon di Indonesia

2 responses

  1. Kok kayaknya biasa2 aja ya???
    tadi malam gak berani sih liat bulannya…. -____-
    tapi katanya tante yg tadi malam bela-belain kluar rumah, bulan tadi malam itu kayak dikelilingi sama awan yang bentuknya kayak arus gelombang tsunami,,, bener gak sih??

    March 20, 2011 at 7:31 am

    • Iya, bulannya biasa2 aja, tapi karena lebih dekat ke bumi, Bumi jadi terlihat lebih besar. Kemaren memang langit di bandung lagi berawan.. Kalo dibilang mirip kaya arus gelombang tsunami.. Ga tau juga ya.. Memang kadang-kadang kalo melihat awan gitu seperti kaya Inkblot test (kalo di Psikologi) setiap orang bisa punya interpretasi masing-masing..šŸ˜‰

      March 20, 2011 at 1:22 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s